Menurut Kotler & Armstrong
(1997) bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis
terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang
diinginkannya di pasar sasaran. Kotler&Armstrong (1997) mengemukakan bahwa
pendekatan pemasaran 4P yaitu product, price, place dan promotion sering
berhasil untuk barang, tetapi berbagai elemen tambahan memerlukan perhatian
dan sistem distribusi.
1. Produk (Product)
Pengertian produk ( product ) menurut Kotler & Armstrong (1997) adalah segala
sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian,dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau
kebutuhan.
2. Harga (Price)
Tjiptono (2008) menyatakan bahwa harga dapat diungkapkan dengan beberapa
istilah, misalnya tarif, sewa, bunga, premium, komisi, upah, gaji dan sebagainya.
Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan satuan moneter atau ukuran
lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar memperoleh hak
kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa. Harga merupakan satusatunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan
bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya adalah (produk, distribusi, dan
promosi) menyebabkan timbulnya biaya (pengeluaran).
3. Promosi (Promotion)
Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program
pemasaran. Tjiptono (2008) mengungkapkan bahwa promosi adalah semua
kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu
produk kepada pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan,
kegunaan dan yang paling penting adalah tentang keberadaannya, untuk
mengubah sikap ataupun untuk mendorong orang-orang supaya bertindak.
4. Tempat (Place)
Place (Tempat) menurut Alma, (2003) berarti kemana tempat/lokasi yang dituju,
bagaimana saluran distribusinya, berapa banyak saluran, dan kondisi para
penyalur yang diperlukan. Kotler&Amstrong (1997) mengungkapkan bahwa
saluran distribusi adalah suatu perangkat organisasi yang saling tergantung dalam
menyediakan satu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh
konsumen atau pengguna bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar